Pentingnya Brand untuk UKM



 http://bob.crista.org/wp-content/uploads/2012/06/brand.jpg
Tak bisa dipungkiri, saat ini banyak pelaku usaha yang terkapar masalah saat menghadapi persaingan. Lalu UKM menyalahkan pemerintah yang dianggap kurang memberikan stimulus sehingga kesulitan berhadapan dengan perusahaan besar. Namun , banyak juga pengusaha yang memilih cara yang tidak fair. Namun, menurut ini bukan pilihan tempat untuk mempertahankan bisnis.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya saing sebuah usaha adalah dengan membangun merek (branding). Kita mengetahui, merek adalah identitas yang menempel dan memiliki arti tersendiri di benak konsumen.  Maka pelaku usaha perlu membangun brand mereka. Tak terkecuali usaha kecil menengah (UKM). Merek atau brand akan memengaruhi perilaku konsumen dalam membeli.
Brand penting bagi perusahaan, khususnya mereka yang sedang merintis bisnis. Merek memberikan nilai tambah (added value) terhadap produk yang dihasilkan. Misalnya, perlengkapan rumah tangga  olahan kayu pelaku UKM dibandingkan dengan olahan kayu impor. Meskipun produknya identik namun konsumen lebih memilih produk impor karena memiliki brand terkenal.
Itu sebabnya UKM perlu membangun brand dengan sejumlah alasan:
Brand pengingat produk di benak konsumen. Itu sebabnya pelaku UKM tidak cukup hanya membuat brand, tetapi melakukan promosi agar brand yang dibuat bisa menempel ingatan konsumen. Hal ini yang perlu diperhatikan seorang pelaku UKM agar mampu eksis di tengan persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini.
Brand adalah aset. Banyak pelaku UKM menganggap enteng brand terutama saat menawarkan produk dan tidak laku produknya, terkadang brand yang dipersalahkan. Namun, seorang pelaku UKM seharusnya menjadikan brand sebagai aset dengan cara memelihara kualitas layanan kepada konsumen.
Brand menciptakan layanan usaha. Melalui brand seorang pengusaha menciptakan layanan usaha kepada pelanggannya. Makanya, dibutuhkan konsistensi terhadap loyalitas brand.
Brand memiliki kekuatan untuk menarik konsumen. Dengan adanya brand seorang pengusaha dapat memiliki kekuatan menarik konsumen.
Semoga bermanfaat kepada pelaku usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar